Sambutan

"Hati-hati.. Anda sedang ditemani hasil perbuatan jari tangan Musha"

Rabu, Oktober 03, 2012

#Bersaudara Itu Indah


" Sesungguhnya orang - orang beriman adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudara kalian dan bertaqwalah kepada Allah agar kalian mendapat rahmat" (QS. Al Hujarat : 10)

"... engkau belanjakan apa yang ada di bumi semuanya, tidaklah bisa engkau persatukan antara hati mereka, tetapi Allah-lah yang mempersatukan antara mereka ..." (QS. Al-Anfal : 63)

"... Mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin) atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu) ..." (QS. Al-Hasyr : 9)

" Berpeganglah kalian semua kepada tali (agama) Allah dan janganlah bercerai berai, (dan) ingatlah akan nikmat Allah kepada kalian ketika kalian dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hati kalian, dan dengan nikmat-Nya, menjadikan kalian sebagai orang-orang yang bersaudara. (QS. Ali-Imran : 103)

"Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa, dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan." (QS. Al-Maidah : 2)

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu ada dalam kerugian. Kecuali orang-orang beriman dan bermamal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran." (QS. Al-Ashr : 1-3)

"... Maka Allah akan datangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang mukmin, dan bersikap keras terhadap orang kafir ..." (QS. Al-Maidah : 54)



Hallo..Hallo.. saudara muslim yang semoga dirahmati Allah..apa kiranya yang kalian bisa tangkap dari beberapa potongan kalimat Allah di atas? hhmm sudah tau ?? Alhamdulillah..Baiklah.. tidak usah lebar panjang lagi.. Dengan dibantu oleh buku Kang Fery Muhammad, persiapkan diri untuk membacanya, duduk dengan tenang dan fokus terhadap inti yang akan disampaikan.. karena sebentar lagi, Kita akan mengetahui bahkan mungkin baru menyadari kalau sebenarnya " Bersaudara itu Indah "..

Islam adalah agama yang indah, yang telah mempersaudarakan orang-orang beriman dalam satu jalinan ukhuwah Islamiyah, Laksana ucapan Allah dalam QS. Al-Hujurat : 10.. Kita juga tahu, bahwa persahabatan itu sangat mahal harganya, dengan menilik firman Allah dalam QS. Al-Anfal : 63.. Ukhuwah itu menyatukan hati-hati seseorang sehingga melahirkan dorongan untuk menjalin kasih sayang, rasa saling percaya, bahkan melahirkan sifat rela berkorban. Hal ini pernah terjadi dan dikisahkan oleh Allah dalam QS. Al-Hasyr : 9..

ukhuwah Islamiyah memberikan manfaat kepada siapa saja, karena melahirkan keutamaan yang baik, seperti saling tolong menolong, saling mengunjungi karena Allah, kesetiakawanan, dan semua hal baik lainnya.

Imam Muslim pernah meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu hurairah ra., Waktu itu Rasulullah bersabda, "Ada seseorang mengunjungi saudaranya karena Allah. Maka Allah  mengutus malaikat untuk mengikutinya. Malaikat itu berkata, "Hendak ke mana engkau?", "Aku hendak mengunjungi saudaraku si fulan," jawab orang itu. "Apakah engkau mempunyai hubungan kerabat dengannya?" tanya malaikat. "Tidak,"jawabnya. "Apakah karena ada suatu kenikmatan yang kau harapkan darinya?" Tanya Malaikat. "Aku mencintainya karena Allah." Malaikat pun berkata, "Sesungguhnya Allah mengutusku kepadamu untuk memberitahukan bahwa Dia mencintaimu karena cintamu kepada-Nya. Dan Allah telah memastikan Surga untukmu."

Segala puji hanya pantas untuk Allah SWT yang telah menciptakan manusia saling mengikat persaudaraan. Dan sudah sepantasnya pula kita bersyukur akan hal ini. Namun, terkadang kita terlena dengan keindahan yang Allah berikan melalui persaudaraan. Oleh karena itu, kita harus tetap berjaga-jaga, karena Allah menciptakan manusia untuk diuji dan bukan untuk bersenang-senang. Sebagaimana Allah ciptakan langit, Allah pun menciptakan pasangannya yakni bumi. Sebagaimana Allah menciptakan siang, Allah pun menghadirkan malam. Begitu pun halnya dengan manusia, Allah menyatukan hati-hati hambanya, namun juga memperselisihkan hamba-hambanya. Dari sini kita perlu berhati-hati.

Amir Bin Said pernah meriwayatkan, Suatu hari Rasulullah berjalan dari arah bukit menuju Masjid Bani Mu'awiyah, kemudian beliau masuk ke dalam dan menunaikan sholat dua rakaat. Maka para sahabat pun turut sholat bersama dengan Rasulullah. Saat itu Rasulullah berdoa agak panjang. Setelah selesai berdoa, Rasulullah pun berpaling kepada sahabat dan bersabda, "Aku telah meminta pada Allah tiga perkara, dalam tiga perkara itu cuma dua perkara yang diperkenankan dan satu lagi ditolak." Doa itu adalah sebagai berikut :1. Aku telah meminta Kepada Allah supaya Dia tidak membinasakan umatku dengan bencana yang berkepanjangan. Permintaanku ini diperkenankan.
2. Aku telah meminta Kepada Allah supaya umatku tidak dibinasakan dengan bencana tenggelam (seperti banjir besar yang telah melanda umat Nabi Nuh). Permintaanku ini diperkenankan
3. Aku telah meminta kepada Allah supaya umatku tidak dibinasakan karena perselisihan sesama mereka (peperangan, perselisihan antara sesama Islam). Tetapi permintaanku tidak diterima.

Saudara Muslim yang semoga dirahmati Allah..
Kiranya Allah tidak menjadikan kita sebagai seorang muslim yang berselisih dengan muslim yang lainnya, Semoga kita diberi Jalan yang lurus yaitu Jalan yang diridhoi-Nya untuk beramal jama'i memperkokoh Ukhuwah Islamiyah demi tercapainya Kejayaan Islam seperti dulu lagi. Dan camkan dalam diri masing2 kalau kita adalah bagian yang sedang memperjuangkan itu meski dengan kendaraan yang berbeda.
Jazakumullah khiaran katsiran..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar