Sambutan

"Hati-hati.. Anda sedang ditemani hasil perbuatan jari tangan Musha"

Jumat, Juli 20, 2012

Demi Persatuan Umat, Jangan Tonjolkan Perbedaan

Islam diturunkan oleh Allah SWT sebagai rahmat bagi seluruh alam. Islam adalah satu-satunya dien yang dapat menyatukan umat. Islam bukan soal perbedaan, bukan pula soal perpecahan, apalagi tentang permusuhan. Islam bukan seperti itu. Islam datang sebagai benteng perdamaian bagi seluruh umat. Allah SWT mengutus Rasulullah SAW untuk menggerakkan roda Islam agar terus bergerak dan memutari muka bumi ini. Sehingga nantinya akan terwujud persatuan dan persaudaraan di atas pondasi yang kokoh akidah Islam.

Rasulullah SAW. memberikan contoh dengan mempersaudarakan kaum Muhajirin dari Mekkah dengan kaum Anshar dari Madinah. Islam juga menghapus status kesukuan Aus dan Kharaj dalam kesatuan iman. Dengan adanya persatuan kaum Muslimin dengan cara persaudaraan itu, Muhammad sudah merasa lebih tenteram. Baru tampak kepada kita arti semua ini antara Aus dengan Khazraj dan antara Muhajirin dengan Anshar. bila kita melihat segala daya-upaya kaum Munafik yang hendak merusak dan menjerumuskan kaum Muslimin ke dalam peperangan.


Dari manapun asalnya, bagaimana warna kulitnya, dari keturunan apa, selama dia tunduk dalam Islam, maka hak dan kewajibannya menjadi sama. Bilal yang hitam, Salman yang dari tanah Persia, maupun Fatimah binti Rasulullah Saw., memiliki hak dan kewajiban yang sama; wajib untuk sholat 5 waktu sehari, wajib puasa di bulan Ramadhan, dan wajib dipotong tangannya apabila terbukti mencuri, sebagaimana disebutkan dalam salah satu sabda Rasulullah Saw., “… walaupun Fatimah binti Muhammad yang mencuri, maka aku sendiri lah yang akan memotong tangannya.”

Jadi, walaupun ada saudara kita yang kemarin (20/07/2012) mulai melaksanakan Ibadah puasa, ayo sama-sama kita hormati demi terjalinnya Ukhuwah Islamiyah. Dan jika, ada pula dari kaum muslimin melaksanakan Ibadah Puasa mulai hari ini (21/07/2012). Mari, sekali lagi.. sama-sama kita jaga persatuan dan persaudaraan demi terjalinnya Ukhuwah Islamiyah. Jangan sampai terjadi perselisihan yang menimbulkan perpecahan dan permusuhan antara kaum muslimin. Karena permusuhan antar kaum muslimin ini adalah harapan para musuh-musuh Islam. Jangan sampai kita mempermudah mereka untuk mencapai harapan mereka.

Persatuan masyarakat merupakan fondasi yang kokoh bagi stabilitas, kemakmuran dan kebahagiaan manusia yang ditugaskan menjadi khalifah di muka bumi. Sementara itu, perpecahan dan fitnah melapangkan jalan bagi terciptanya kekacauan, keterbelakangan, dan kesengsaraan. Jadi, buat apa kita gembor-gemborin perbedaan. Toh, Tuhan kita Allah SWT, shalat kita sama 5 waktu, kita pun sama berkewajiban menunaikan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan, zakat pun demikian, dan semua itu akan lebih terasa jika kita nanti dapat menyempurnakannya dengan Ibadah Haji ke Tanah Suci.

Kalaupun kita masih berpikiran, Kapan kita ini akan benar-benar satu sebagai umat Islam..?? Bergembiralah, Karena janji Allah tidak salah, janji Allah pasti benar, janji Allah pasti akan Allah tunaikan dengan mengembalikan kejayaan Islam seperti dulu. Sehingga nantinya segala perbedaan akan menyusut menjadi satu kesatuan di bawah pimpinan khalifah.

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1433 H..
Semoga kualitas Ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini meningkat dan akan berkelanjutan sampai ajal menjemput. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar